Saudara-saudari jemaat Christ Living Church yang saya kasihi,

Puji syukur kepada Tuhan Yesus Kristus karena hanya dengan anugerahNya saja kita telah berhasil melewati 5 tahun pertama perjalanan gereja CLC dengan selamat. Ibarat suatu perkawinan, kita telah melewati masa kritis dalam menjalin kesatuan hubungan kedua mempelai, seperti jemaat dan Kristus. Hubungan antar jemaat di dalam Tubuh Kristus ini harus terus dipupuk sehingga menjadi hubungan kekeluargaan yang terbuka, tanpa basa basi, saling mengasihi dan saling mendukung satu sama lain. Sebagai gembala sidang, saya sangat bangga karena mendapat kehormatan Tuhan untuk menjadi bagian dari keluarga besar CLC ini. Dengan anugerahNya kita pasti akan mampu menyelesaikan perjalanan 5 tahun ke dua ini dengan lebih dahsyat dan lebih diberkati lagi.

Tahun 2011 ini thema Church Anniversary kita yang ke 5 adalah “The Year of Excellence”. Ini bukan sekedar slogan, tapi “semangat untuk melakukan yang terbaik”. Excellent spirit ini harus terus dikobarkan sehingga menjiwai seluruh pelayanan kita kepada Tuhan. Kita akan melakukan yang terbaik, tanpa pamrih dan bertanggung jawab sesuai fungsi masing-masing sebagai anggota yang berbeda-beda tapi satu Tubuh Kristus. Semangat ini harus diaplikasikan secara praktis dalam kehidupan pribadi maupun pelayanan dengan mengacu pada sistim kepemimpinan yang sudah ditetapkan Tuhan, baik di dalam keluarga maupun di gereja. Pada akhirnya, semangat melakukan yang terbaik ini juga harus diaplikasikan dalam sistim pemuridan yang diajarkan Kristus di Alkitab untuk mencapai visi misi gereja, yaitu menjangkau jiwa-jiwa bagi Kristus.

Pertama, kita akan melakukan konsolidasi ke dalam sambil mengevaluasi dan menata kembali pelayanan kita. Tujuannya untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas jemaat CLC secara seimbang sesuai 3 level jemaat yaitu: Christ is personal saviour, Love the church dan Compassion to the world. Gerakan Saat Teduh, Pemuridan, Pengajaran dan Doa akan terus digalakkan. Fasilitas multimedia, cetak dan elektronika akan terus ditambah. Pelatihan kepemimpinan dan training keterampilan akan terus ditingkatkan. Retreat tahunan CLC disiapkan untuk penyegaran rohani jemaat dan sekaligus membuka wawasan yang lebih luas lagi. Pembangunan karakter pribadi maupun peningkatan mutu berjemaat juga ditekankan. Dengan demikian kualitas rohani jemaat akan bertumbuh sehingga mampu berfungsi dan berperan aktif dalam pelayanan dengan semangat yang excellent. Jemaat CLC akan dilengkapi dan didukung supaya mampu menggenapi panggilan Tuhan yang tertinggi.

Kedua, pilar-pilar pelayanan di CLC akan dipertajam. Ujung tombak penjangkauan jiwa seperti Kebaktian Umum dan Super Kids akan ditingkatkan mutunya. P[&]W ditargetkan untuk melakukan terobosan baru. Mereka akan menyanyikan lagu-lagu daerah di Festival Indonesia di Darling Harbour. Mereka juga akan rekaman album lagu-lagu rohani ciptaannya sendiri. Guru-guru sekolah minggu perlu ditambah dan ditingkatkan kualitasnya. Kebaktian The Brigades lebih diarahkan untuk menjangkau jiwa-jiwa di Macquarie Uni.

Life Group anak muda akan dikembangkan di City. Life Group “Narwastu” untuk kaum wanita akan lebih disosialisasikan lagi sehingga lebih banyak kaum wanita yang terlibat. Life Group untuk kaum pria dewasa, para professional muda dan keluarga muda juga akan segera dibentuk.

Kebaktian anak muda berbahasa Inggris akan disiapkan untuk melayani para remaja yang kurang lancar berbahasa Indonesia sehingga mereka memiliki komunitasnya sendiri di CLC. Penjangkauan jiwa-jiwa melalui internet harus lebih ditingkatkan pemasarannya karena sudah terbentuk jemaat global CLC yang tersebar di seluruh dunia. “Tuaian memang banyak, tetapi pekerja sedikit” (Mat.9:37). Solusinya, harus lebih banyak jemaat yang dilibatkan dalam pelayanan.

Ketiga, dalam 5 tahun mendatang, ditargetkan CLC akan memiliki gedung gereja sendiri. Karena itu ada beberapa strategi yang disiapkan untuk merealisasikan hal ini. CLC sedang mempersiapkan “DGR system” yang menguntungkan jemaat karena persembahan mereka untuk dana pembangunan gereja dapat diperhitungkan sebagai “charity” yang dapat mengurangi nilai tax mereka. Pengurusan DGR (Deductible Gift Recipient) ini dilakukan oleh Public Accountant yang ditunjuk oleh CLC. Manajemen keuangan gereja juga diatur agar dapat mulai “menabung” dan membuka Bank Account khusus untuk dana pembangunan gereja. Dengan anugerah Tuhan, maka cita-2 memiliki gedung gereja sendiri itu tidak mustahil dapat diwujudkan.

Alkisah, suatu hari seekor babi berkata pada seekor sapi perah: “Aku iri melihat kamu. Aku memberikan daging dan dan seluruh tubuhku kepada manusia, sedangkan engkau hanya memberikan susumu, tapi mengapa mereka lebih sayang kepadamu dan tidak memperhatikan aku?” Lalu dengan tersenyum si sapi berkata: “Itu karena engkau memberikan milikmu ketika engkau sudah mati, tapi aku memberikan milikku ketika aku masih hidup”. Bagi Anda yang belum terlibat dalam pelayanan, inilah saatnya Anda melayani Tuhan, mumpung masih ada kesempatan. Sebagai gembala sidang, saya mengajak seluruh jemaat CLC untuk bergandeng tangan melayani Tuhan dengan semangat memberikan yang terbaik. Bagi Anda yang sudah melayani Tuhan, saya ucapkan banyak terima kasih atas pelayanan Anda selama ini. Segala usaha, kerja keras dan pengorbanan Anda di dalam Tuhan tidak pernah sia-2. Mari kita tingkatkan kinerja dan kualitas pelayanan kita supaya makin memuliakan Tuhan.

Akhirnya, saya berterima kasih kepada seluruh jemaat yang setia dan mendukung setiap pelayanan di CLC. Saya mengucapkan “HAPPY ANNIVERSARY” yang ke 5 untuk kita semua. Tuhan memberkati Anda dan seluruh keluarga dengan panjang umur, sehat walafiat, suka cita dan damai sejahtera, berlimpah kasih karuniaNya dengan tak terbatas. Selamat menikmati kebahagiaan di dalam Kasih Tuhan Yesus Kristus and melayani Dia dengan roh yang istimewa.

Atas nama seluruh jemaat keluarga besar CLC,

Ir. Agus Rahardja DS, MA Mis.
Gembala Sidang Christ Living Church