Saudara-saudara terkasih di dalam Tuhan Yesus Kristus,

Tanpa terasa hari ini kita memperingati Natal kembali untuk kesekian kalinya, bahkan mungkin telah kesekian puluh kalinya. Thema Natal kita tahun 2012 ini adalah THE SALVATION OF CHRISTMAS atau KESELAMATAN Natal. Melalui thema yang “unik” ini saya sengaja ingin mengajak Anda semua untuk merenungkan makna Natal ini dengan lebih dalam lagi.

Seringkali dalam perayaan Natal, kebanyakan pesan Natal hanya dipusatkan pada drama seputar PERISTIWA kelahiran Yesus di Bethlehem sekitar 2000 tahun yang silam. Kalau ada pesan Natal yang bicara tentang MENGAPA Yesus lahir di sana, maka jawabannya hanya biasanya bersifat “umum” saja.  Untuk SIAPA sebenarnya kelahiranNya itu? Misteri dan dampak APA yang terjadi dalam kelahiranNya itu? Semua pertanyaan di atas akan terjawab dalam khotbah sore ini. Karena itu simaklah Firman Tuhan yang akan disampaikan dengan seksama. Semoga berkat Firman ini akan mendahului berkat2 lain yang akan Anda terima selama memperingati Natal tahun ini. Siapkan roh jiwa tubuh Anda untuk diberkati Tuhan dengan melimpah dan berlipat ganda.

Saya yakin, Anda tentunya rindu merayakan Natal tahun ini secara lebih “istimewa” dibandingkan dengan tahun lalu, bukan? Apalagi kalau bisa merayakan Natal bersama seluruh keluarga, Anda pasti akan sangat berbahagia. Namun, andaikata Anda tidak bisa merayakan Natal bersama keluarga, Anda tidak perlu kecil hati, sebab kita semua adalah “keluarga besar” Allah di gereja Christ Living Church (CLC) ini. Ketidak bersamaan dengan “keluarga kandung” bukan berarti tidak punya kebersamaan dengan “keluarga rohani”, karena seluruh jemaat CLC siap menyambut Anda dengan hangat.

Kalau kita memperingati Natal, tentunya tanpa terasa pula kita telah ada di penghujung tahun 2012. Saya percaya ada banyak suka duka yang terjadi di tahun ini yang tidak mudah Anda lupakan. Mungkin itu menimbulkan gelak tawa sukacita dalam kebahagiaan, tapi mungkin juga mengharuskan Anda untuk  meneteskan air mata dalam keprihatinan. Saya berharap Anda tidak larut dalam itu semua. Ingatlah bahwa seburuk apapun keadaan kita saat ini, masih ada kemungkinan untuk kita mengalami hal2 yang lebih buruk lagi. Demikian juga sebaik apapun keadaan kita saat ini, masih ada kemungkinan untuk kita mengalami hal2 yang jauh lebih baik lagi. Karena itu, pengalaman suka harus membuat kita bersyukur kepada Tuhan dan makin merendahkan diri, pengalaman duka harus membuat kita berserah dan makin berharap kepada Tuhan. Hadapilah hari2 yang tersisa di tahun ini dengan makin waspada dan ber-jaga2, lalu songsonglah hari2 mendatang di tahun depan dengan lebih bijaksana dan penuh harapan. Biarlah hati kita makin berlimpah dengan ucapan syukur dalam segala yang kita alami dengan tetap percaya bahwa Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi kita yang mengasihiNya (Roma 8:28).

Akhir kata, saya ingin mengucapkan Merry Christmas 2012 bagi Anda semua, khususnya jemaat CLC yang setia dan dikasihi Tuhan. Dan bila Anda akan berlibur bersama keluarga sampai tahun depan, maka saya ingin mendahului mengucapkan Selamat Tahun Baru 2013. Semoga kasih karunia dan rahmat Tuhan kita Yesus Kristus menyertai Anda setiap hari, sekarang dan sampai se-lama2nya. 

Salam berkat dalam kasih setia Tuhan Yesus,

 

Ir. Agus Rahardja D Setyahardja, MA Mis.

Gembala Sidang Christ Living Church