Saudara-saudari jemaat Christ Living Church yang saya kasihi,

Secara umum Natal dirayakan lebih "meriah" daripada Paskah. Ini bisa dipahami karena Natal dirayakan pada 25 December dan berdekatan dengan Tahun Baru 1 January yang biasanya dirayakan secara besar-besaran oleh seluruh dunia. Disamping itu, orang lebih suka merayakan peristiwa kelahiran seseorang daripada memperingati peristiwa kematiannya, karena kelahiran membawa suasana gembira, sedang kematian penuh kesedihan. Minggu Paskah adalah peringatan peristiwa kebangkitan Yesus Kristus. Tapi karena hanya berselang 2 hari setelah peristiwa kematianNya pada Jum’at Agung, maka secara psikologis suasana berkabungnya masih terbawa dan mempengaruhi suasana perayaan Paskah. Hal-2 inilah yang membuat Natal umumnya dirayakan lebih "meriah" daripada Paskah.

Dalam kesempatan ini, saya ingin mengajak semua jemaat CLC untuk memperingati Paskah dengan tidak kalah meriahnya dengan Natal, sebab Yesus Kristus telah bangkit dari kematianNya untuk membuktikan kesuksesan misi penebusan dosa bagi seluruh umat manusia. Karena itu tanpa kebangkitanNya maka kelahiran Yesus di dunia ini tidak ada artinya. Mari kita rayakan Paskah tahun 2012 ini dengan penuh kemenangan, sukacita dan harapan. KebangkitanNya membuktikan bahwa maut telah dikalahkan, dosa telah ditebus, dan hidup kekal menjadi milik kita orang percaya.

Kematian adalah peristiwa yang pasti akan dialami oleh semua orang. Bagi orang yang tidak percaya kepada Yesus, kematian bukan hanya matinya tubuh jasmani saja, tetapi juga matinya rohani selamanya. Lahir secara jasmani satu kali, tapi mati dua kali, yaitu mati jasmani dan sekaligus mati rohani. Tetapi, orang yang percaya Yesus, akan mengalami kelahiran kedua, yaitu kelahiran rohani, karena dosa2nya sudah diampuni dan hukuman dosanya sudah dibayar lunas oleh kematian Yesus di kayu salib. Sehingga bagi orang percaya, kematian hanya terjadi sekali, yaitu kematian jasmani. Lahir dua kali, yaitu lahir jasmani dan rohani, tetapi mati hanya sekali, yaitu mati secara jasmani saja. Tidak ada kematian rohani karena sudah memiliki hidup kekal di dalam Yesus Kristus.

Karena itu, bagi orang yang tidak percaya kepada Yesus, kematian merupakan akhir perjalanan hidupnya, sebab tidak ada kehidupan rohani lagi. Tetapi, bagi orang yang percaya kepada Yesus, kematian adalah awal perjalanan hidup rohani yang baru bersama Tuhan. Itulah sebabnya bagi orang percaya, kematian itu hanya "tidur lelap" yang suatu saat akan bangun kembali dan hidup kekal selamanya. Keyakinan iman ini didasarkan pada peristiwa sejarah yang dialami oleh Yesus sendiri. Apa yang dialami Yesus, akan dialami orang percaya

Thema peringatan Good Friday CLC tahun ini adalah THE DEATH OF SIN karena kematian Yesus di bukit Golgotha 2000 tahun yang lalu sesungguhnya adalah kematian darikuasa dosa selamanya. Dosa tidak lagi berkuasa atas hidup orang percaya. Karena itu, roh orang percaya akan hidup kekal meskipun jasmaninya sudah mati. Apakah saat ini ada dosa yang masih berkuasa dalam hidup Anda? Jangan putus asa. Ada Yesus yang telah mengalahkan dosa dan maut. Inilah saatnya Anda datang kepada Yesus. Percayalah kepadaNya, supaya Yesus yang mati untuk mengangkut dosa dunia juga mengangkut dosa Anda. Dengan demikian Anda bisa hidup dengan damai sejahtera karena bebas dari cengkeraman dosa. 

Thema peringatan Minggu Paskah CLC adalah THE REASON TO LIVE. Alasan Yesus mati dan bangkit adalah untuk menyelamatkan orang-2 yang percaya kepadaNya dan karya salibNya. Kalau Anda percaya kepada Yesus, maka kuasa kebangkitanNya juga akan Anda alami. Karena Yesus bangkit, maka Anda juga akan dibangkitkan. Karena itu bila Anda hidup di dunia ini setelah diselamatkan Tuhan, maka alasan hidup Anda adalah hidup untuk Tuhan sebagai "jembatan kasih dan keselamatanNya" bagi orang-2 di sekitar Anda. Mari kita layani Tuhan dengan penuh sukacita. Selamat Paskah 2012, Tuhan memberkati kita semua.

Salam hangat kekeluargaan,

Ir. Agus Rahardja DS, MA Mis.
Gembala Sidang Christ Living Church